Selasa, 16 Januari 2018

Lima Rukun Islam

Agama Islam dibangun di atas lima pokok utama yang sering disebut sebagai rukun Islam. Ibarat sebuah bangunan, rukun Islam merupakan tiang penyangga keislaman seseorang. Artinya, menjadi repot disebut sebagai seorang muslim apabila ia tidak memiliki pengetahuan (ilmu), amalan menjalankan sekaligus meyakininya sebagai pondasi utama berislam.

Dalam sebuah hadits populer yang diajarkan semasa kecil:

بُنِيَ الإسْلاَمُ عَلَى خَمْسٍ : شَهَادَةِ أَنْ لاَإِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ وَإِقَامِ الصَّلاَةِ وَإِيْتَاءِ الزَّكَاةِ, وَحَجِّ الْبَيْتِ, وَصَوْمِ رَمَضَانَ. (رواه البخاري و مسلم)

“Islam itu dibangun atas lima pokok: Bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah, dan Muhammad adalah utusan Allah, (2) mendirikan shalat, (3) mengeluarkan zakat, (4) melaksanakan ibadah haji, dan (5) berpuasa Ramadhan (HR: Bukhori Muslim.”

Dalam riwayat lainnya menyebutkan susunan/urutan rukun islam adalah: syahadat, shalat, zakat, puasa, dan haji. Mengenai urutan khususnya antara zakat, ibadah haji dan puasa Ramadlan, terdapat beberapa perbedaan riwayat hadits. Tidak perlu menjadi perdebatan yang tidak produktif. Yang terpenting bukanlah perbedaan urutan itu, namun bagaimana menjadikan rukun-rukun tersebut sebagai satu kesatuan untuk membangun pribadi muslim yang baik. Itulah yang utama.

Jadi, bila dilihat dalam urutan waktunya, lima rukun Islam yang wajib dijalankan setiap muslim adalah:

1. Mengucapkan kalimat syahadat
2. Menjalankan ibadah sholat lima waktu
3. Menjalankan puasa di bulan Ramadlan
4. Mengeluarkan zakat fitrah
5. Melaksanakan ibadah haji (bagi yang mampu)

Semoga Allah senantiasa memberikan kekuatan iman kepada kita semua dalam menjalankan setiap perintah dan menjauhi larangan-Nya. Amin
Disqus Comments